Selamat Datang di Blog "Rumah Pintar Al-Ma'Arif - Sumbawa Besar"
English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Selasa, 13 Desember 2011

Layanan Perpustakaan

 
Kayaknya nama “Perpustakaan” kurang keren kalo didengar. Mungkin bisa jadi? Sebab itu akhir-akhir ini banyak sekali orang-orang yang mendirikan perpustakaan dengan nama lain? Misalkan di jogja ada taman pintar, sebuah tempat rekreasi pendidikan yang memiliki banyak koleksi buku, audiovisual, peraga fisika ringan dan wahana bimbingan belajar. Mereka nggak mau disebut sebagai perpustakaan karena menurutnya ia berbeda dengan perpustakaan. Juga mobil Pintar, Rumah Baca dan yang lainnya. Termasuk desa hargotirto mempunyai perpustakaan yang bernama Perpustakaan Desa Rumpin Hargotirto, berada di Rumah Pintar Hargotirto, Kokap,  Kulon Progo, Yogyakarta.


Tahun 2010, Ibu Ani Yudhoyono meresmikan Rumah Pintar yang isinya beragam, ada buku, komputer, televisi, dan permainan anak dengan maksud agar bangsa Indonesia menjadi maju dengan rakyatnya yang pintar dan berkarakter. Sehingga kehadiran perpustkaan Rumah Pintar bukan sebagai gudang buku tetapi sumber ilmu.

Pelatihan Untuk Tenaga Perpustakaan Rumah Pintar, Mobil Pintar dan Motor Pintar se-Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta di Hotel Saphir Yogayakarta

Pada hari Selasa-Kamis tanggal 4-6 Oktober 2011 bertempat di ruang sidang Hotel Saphir Jl. Laksda Adisucipto Yogyakarta Badan Perpustakaan dan Arsip daerah bekerjasama dengan Direktorat Jendral Pendidikan Non Formal dan Informal Kemendiknas mengadakan acara “Pelatihan administrasi, dan perpustakaan dalam rangka pendampingan rumah pintar, mobil pintar dan motor pintar di wilayah Yogyakarta”.

Pada pelatihan yang diikuti sekitar 94 petugas perpustakaan rumah pintar, mobil pintar dan motor pintar dari berbagai daerah yang ada di DI. Yogyakarta, para peserta tampak antusias serta bersemangat mengikutinya, hal ini dikarenakan pada kesempatan itu mereka mendapatkan banyak informasi, ilmu dan pengetahuan serta wawasan baru di bidang perpustakaan.

Selain mendapat materi secara teoritis dan praktek, dijadwalkan masing-masing perpustakaan akan menerima seribu eksemplar buku dan dua rak pada bulan ini dari Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi DIY. Zuki Rumpin.


sumber : http://lppm.ugm.ac.id/sikib-ugm/rumpin_hargotirto.yk/?p=381

0 komentar:

Posting Komentar

 
Powered by Blogger