Selamat Datang di Blog "Rumah Pintar Al-Ma'Arif - Sumbawa Besar"
English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Selasa, 13 Desember 2011

Inovasi pengembangan Rumah Pintar

 
Program Rumah Pintar merupakan program layanan pendidikan non formal dilakukan melalui penyediaan sarana pembelajaran pada suatu daerah. Pada awalnya, gagasan rumah pintar muncul dari Ibu Hj. Ani Bambang Yudhoyono, sebagai bentuk keprihatinan beliau terhadap rendahnya tingkat pendidikan di Indonesia, terutama untuk anak-anak usia dini.

Rumah pintar, sehat dan aman adalah rumah idaman baik bagi anak-anak, remaja ataupun orang dewasa. Semoga dari didirikannya rumah pintar tersebut, banyak anak-anak, remaja ataupun orang dewasa yang menikmati fasilitas yang disediakan.

Ada beberapa program layanan pada rumah pintar, sehat dan aman ini yaitu : 

Layanan Pembelajaran bagi Anak, Remaja dan Ibu produktif

Pada layanan ini ada beberapa sub layanan yang di sediakan yaitu :

a. Layanan pembelajaran bagi anak usia 4 – 9 tahun 
Pada layanan pembelajaran ini, anak-anak di fasilitasi dengan mainan edukatif yang dapat mengembangkan saraf motorik dan sensorik anak. Selain itu juga untuk meningkatkan tingkat intelegensi anak.

b. Layanan Pendidikan Kesetaraan
Pada layanan ini, anak-anak yang putus sekolah akibat beberapa hal misalnya karena faktor ekonomi, dan anak jalanan dapat mengikuti program pendidikan kesetaraan di rumah ini. Ada beberapa jenjang yang dijalankan yaitu Pendidikan Paket A, Paket B dan Paket C.

c. Layanan Laboratorium Komputer dan Teknologi
Pada layanan ini di sediakan 20 Set komputer dan 3 set komputer khusus bagi penyandang cacat. Selain itu juga terdapat laboratorium teknologi dan eksperimen sehingga anak-anak dapat membuat/menghasilkan teknologi sesuai dengan kemampuannya.

d. Layanan Laboratorium Seni dan Sastra
Pada layanan ini di sediakan fasilitas alat musik dan perlengkapan untuk menari, teater yang menunjang anak-anak untuk berkreatifitas di bidang seni dan budaya.

e. Layanan Forum Anak
Forum anak adalah dimana anak-anak dapat mengeluarkan pendapatnya mengenai apa yang terjadi dalam hidupnya maupun mengenai keadaan disekelilingnya (rumah, sekolah, tempat bermain). Dalam forum anak juga akan diberi pemahaman mengenai Konvensi Hak Anak (KHA) dan Undang-Undang No. 23 tahun 2002 mengenai perlindungan anak sehingga anak-anak dapat memahami apa yang menjadi haknya sebagai anak Indonesia.

f. Layanan Pengembangan Life skill bagi remaja dan Ibu produktif
Layanan ini di berikan kepada remaja dan ibu-ibu produktif. Pada layanan ini, mereka akan diajarkan keterampilan yang mudah murah dan bernilai ekonomis. Disini para ibu dapat menggunakan keterampilan tersebut untuk mengisi waktu luang.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Powered by Blogger