Selamat Datang di Blog "Rumah Pintar Al-Ma'Arif - Sumbawa Besar"
English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Senin, 12 Desember 2011

Jasa Marga Beri Bantuan untuk Rumah Pintar Dharma Vidya

“Kami memberikan apresiasi yang sangat tinggi kepada rumah pintar dalam rangka ikut mencerdaskan bangsa., diharapkan hal serupa juga dapat diikuti dan memberikan respon positif dan berharap terus berkembang serta memberikan manfaat,” itu merupakan sepenggal kata sambutan yang disampaikan oleh Sekretaris Perusahaan Jasa Marga, Okke Merlina dalam acara “Pemberian Apresiasi dan Bantuan kepada Rumah Pintar Dharma Vidya”, yang diselenggarakan di Kompleks PU Pasar Jumat, Jakarta Selatan (6/8) kemarin.

Acara yang dimulai pada pukul 10.00 WIB tersebut selain dihadiri oleh Sekretaris Perusahaan Jasa Marga, Okke Merlina juga dihadiri oleh Himpunan Pengembang Jalan Indonesia (HPJI), para Pejabat Kementerian PU, Penggagas Rumah Pintar, serta Dharma Wanita Persatuan Departemen PU.

Rumah Pintar Dharma Vidya didirikan di Kompleks PU Pasar Jumat, Jakarta Selatan, atas gagasan Ibu Lies Djoko Kirmanto, yang merupakan istri Menteri PU, Djoko Kirmanto. Diresmikan pada tanggal 6 Juni 2009 dengan tujuan untuk turut mencerdaskan bangsa dan meningkatkan kualitas masyarakat Indonesia. Rumah Pintar tersebut memberikan pelayanan kepada masyarakat baik anak-anak, remaja, maupun dewasa untuk menggali ilmu, memperluas wawasan, serta mengembangkan kreatifitas dan bakat.
Adapun program layanan rumah pintar yaitu meliputi:
  1. Layanan pembelajaran bagi anak usia 4 -15 tahun
  2. Layanan pengembangan life skill bagi remaja dan ibu produktif
  3. Layanan perpustakaan bagi warga masyarakat
  4. Layanan edukasi pengasuhan dan kesehatan bagi kaum ibu

Fasilitas rumah pintar dirancang untuk mengembangkan kemampuan tertentu dan dibagi dalam sentra-sentra:
  1. Sentra Buku: Meningkatkan minat baca masyarakat melalui penyediaan buku-buku untuk menambah pengetahuan dan wawasan.
  2. Sentra Komputer: Memberikan pengajaran pengetahuan komputer dan software edukatif.
  3. Sentra Permainan: Membantu untuk bersosialisasi, bermain sambil belajar dan mengembangkan kreatifitas melalui permainan edukatif.
  4. Sentra Audio Visual/Panggung: Membuka wawasan melalui pemutaran film-film edukatif dan menghibur serta sebagai ajang pengembangan minat dan bakat seni.
  5. Sentra Kriya: Memberikan bekal keterampilan (menjahit, membuat aksesoris, dll) agar dapat membantu meningkatkan kesejahteraan.
  6. Posyandu: Pelayanan dan edukasi kesehatan bagi ibu dan anak. Dilengkapi pula dengan area bermain outdoor dan sudut apotik hidup.
Kegiatan lainnya yang juga menunjang dan tidak dipungut biaya yaitu seperti kelas bahasa inggris, kelas komputer, kelas menari, kelas percobaan sains serta kelas keterampilan. Semua kegiatan tersebut dibuka dari pukul 09.00 – 16.00 WIB.
Pada acara tersebut, Rumah Pintar Dharma Vidya juga mendapatkan trophi penghargaan sebagai rumah pintar yang baru berdiri dan kreatif dari Ibu Lies Djoko Kirmanto, sebagai Ibu Negara sekaligus penggagas berdirinya rumah pintar tersebut. Rencana ke depan yaitu karena rumah pintar merupakan program pendidikan non formal yang tidak memiliki kurikulum, akan tetapi justru itu merupkan tantangan bagi para pengurus. Lebih lanjut akan ada program pembinaan anak-anak dan karakter. Sedangkan untuk ibu-ibu, griya yang dikembangkan akan mencoba untuk disesuaikan dengan tren yang ada sekarang ini. (Anasta)


sumber : 
http://www.jasamarga.com/id_/berita/item/112-jasa-marga-beri-bantuan-untuk-rumah-pintar-dharma-vidya-.html

0 komentar:

Posting Komentar

 
Powered by Blogger